1. Visi dan Misi OPD

Visi adalah pandangan ideal masa depan yang ingin diwujudkan, dan secara potensi untuk terwujud menuju kemana dan apa yang diwujudkan suatu organisasi dimasa depan, visi haruslah visi bersama yang mampu menarik, menggerakkan anggota organisasinya untuk komitmen terhadap visi tersebut, dan harus konsisten, tetap eksis, antisipatif, inovatif serta produktif. Karena itu, perumusan pernyataan visi perlu secara intensif dikomunikasikan kepada segenap anggota organisasi sehingga semuanya merasa memiliki visi tersebut.

Dalam perumusan visi, hendaknya :

  1. Bukan fakta tetapi gambaran pandangan ideal masa depan yang ingin dicapai;
  2. Dapat memberikan arahan dan mendorong anggota organisasi menunjukan kinerja yang baik;
  3. Dapat menimbulkan inspirasi dan siap menghadapi tantangan;
  4. Menjembatani masa kini dan masa mendatang;
  5. Gambaran yang realistis dan kridibel, dengan masa depan yang menarik;
  6. Sifatnya tidak statis dan tidak selamanya.

 

Dalam upaya mewujudkan harapan dan aspirasi masyarakat serta pelaksanaan tugas pokok dan fungsinya, maka Visi pembanguan tanaman pangan dan hortikultura adalah : “Terwujudnya Pembangunan Tanaman Pangan dan Hortikultura yang Tangguh, Berdaya Saing dan Berkelanjutan untuk Kesejahteraan Petani”

Makna dan arti yang terkandung dalam Visi tersebut adalah:

Tangguh : Pembangunan Tanaman Pangan dan Hortikultura bersifat dinamis dan tahan menghadapi gejolak ekonomi dan politik

Berdaya saing : Pembangunan Tanaman Pangan dan Hortikultura dilaksanakan dengan berorientasi pada pasar, berbasis pada sumberdaya lokal yang memiliki keunggulan kompetitif dengan memanfaatkan ilmu pengetahunan dan teknologi

Berkelanjutan : Pembangunan pertanian mampu merespon pasar secara efektif dan efisien, berorientasi jangka panjang dan berwawasan lingkungan.

  1. isi merupakan pernyataan yang penetapan tujuan instansi pemerintah dan sasaran yang ingin dicapai. Pernyataan misi membawa organisasi kepada suatu focus. Misi menjelaskan mengapa organisasi itu ada, apa yang dilakukannya, dan bagaimana pelaksanaannya.

Misi adalah sesuatu yang dilaksanakan/diemban oleh instansi pemerintah, sebagai penjabaran dari visi yang telah ditetapkan.

Dengan pernyataan Misi diharapkan seluruh pegawai dan pihak yang berkepentingan dapat mengenal instansi pemerintah dan mengetahui peran dan programnya serta hasil yang diperoleh dimasa mendatang.

Pernyataan Misi yang jelas, akan pemberikan arahan jangka panjang dan stabilitas dalam manajemen dan kepemimpinan Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Batang Hari.

Adapun Misi Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura adalah sebagai berikut:

  1. Meningkatkan Produksi Tanaman Pangan dan Hortikultura
  2. Meningkatkan Kesejahteraan Petani
  3. Mewujudkan Peningkatan Kualitas dan Kuantitas Prasarana dan Sarana Tanaman Pangan dan Hortikultura
  4. Mewujudkan Peningkatan Kualitas dan Kuantitas Prasarana dan Sarana Aparatur
    1. Tujuan dan Sasaran Jangka Menengah OPD

Tujuan merupakan penjabaran atau implementasi dari pernyataan misi. Tujuan adalah hasil akhir yang akan dicapai atau dihasilkan dalam jangka waktu 1 (satu) sampai dengan 5 (lima) tahun.

Tujuan organisasi harus konsisten dengan tugas dan fungsinya. Secara kolektif tujuan organisasi menggambarkan arah strategis organisasi dan perbaikan-perbaikan yang ingin dicapai sesuai tugas dan fungsi organisasi. Dalam rangka mencapai misi organisasi, maka ditetapkan sejumlah tujuan sebagai berikut:

  1. Terwujudnya Peningkatan Produksi
  2. Terwujudnya Kesjahteraan Petani
  3. Peningkatan Pemenuhan Kebutuhan Prasarana dan Sarana
  4. Terselenggaranya Penyelenggaraan Pemerintahan.